Kenali Kapan Waktu Ganti Oli Mobil dan Temukan Tempat Terbaiknya

September 7, 2020 by No Comments

Ganti oli mobil menjadi salah satu rutinitas wajib bagi Anda yang memiliki kendaraan roda empat. Oli adalah komponen yang wajib diperhatikan dalam berkendara karena apabila Anda mengabaikan pemakaiannya, yang ada kendaraan Anda bisa rusak. Pada mobil, oli dibedakan menjadi 3, yaitu oli kendaraan, oli transmisi, dan oli gardan. Dari ketiga jenis oli tersebut, oli mesinlah yang ekstra wajib diperhatikan karena pemakaiannya yang terus menerus. Pergantiannya pun biasanya lebih sering sehingga Anda sebagai pemilik mobil wajib tahu kapan oli kendaraan wajib diganti. Apabila Anda termasuk orang yang pelupa, ini beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda wajib ganti oli mobil segera.

Kapan Waktu Ganti Oli Mobil?

Sebenarnya, yang namanya kendaraan sering memberikan sebuah tanda apabila komponennya ada yang kurang performanya. Hal tersebut juga akan terjadi ketika Anda lupa ganti oli padw mobil. Oli pada mobil pada awal pemakaian memiliki tekstur yang licin dan warnanya pun masih jernih. Namun, apabila pemakaiannnya sudah melebihi batas, maka oli akan berubah menjadi pekat dan warnanya pun sudah berbeda dengan kondisi barunya, yaitu menjadi coklat bahkan sampai hitam pekat. Apabila Anda sudah menjumpai kendaraan roda empat kesayangan sudah memiliki bentuk oli yang seperti itu, lebih baik segera menggantinya. Karena meremehkannya sama saja Anda membiarkan mobil rusak.

Jika dari tekstur oli sudah memberi tanda. Anda pun juga dapat mengetahui waktu ganti oli dari suara pada kendaraan. Cobalah lebih peka terhadap mobil yang Anda punya. Ketika mobil baru saja diganti olinya, biasanya suaranya akan lebih terdengar lembut. Hal tersebut akan terasa berbeda apabila mobil jarang diganti olinya. Pada saat Anda menghidupkan kendaraan roda empat, akan terdengar suara yang tak mengenakkan telinga. Untuk itu, tidak ada salahnya mulai sekarang memperhatikan suara mobil ketika dinyalakan. Apabila menurut Anda suara mobil sudah kasar, Anda perlu mengingat kembali kapan Anda terakhir ganti mobil?

Selanjutnya, mobil bisa dikatakan kondisi olinya sudah tidak baik saat Anda merasakan berat pada mobil. Pada saat membicarakan berat mobil, jangan berpikir bahwa mobil adalah kendaraan roda empat dan sudah pasti mobil itu berat. Berat disini bukan beban pada mobil melainkan berat pada performanya. Mobil yang memiliki kualitas oli yang baik akan terasa enteng jika Anda sedang mengemudikannya. Berbeda dengan mobil yang olinya sudah berada pada ambang batas pergantian, pastinya performa mesinnya akan terasa lebih berat. Salah satu contohnya, ketika Anda menginjak pedal, pedal akan sedikit telat dalam merespon.

Ketika Anda memutuskan untuk memiliki mobil, maka mau tidak mau Anda harus memberikan perhatian pada kendaraan roda empat tersebut. Salah satunya adalah dengan mengecek kartu ganti oli mobil Anda. Oli mobil haruslah diganti secara berkala. Untuk Anda yang memilih menggunakan oli full sintetik, pergantian oli mobil dapat dilakukan saat mobil sudah menempuh jarak 10000 km. Sedangkan, pada mobil yang menggunakan oli campuran, pergantian oli lebih baik dilakukan saat mobil sudah menempuh jarak 5000 km. Jarak tempuh mobil harulah sering Anda cek agar kualitas oli mobil tetap terjaga.

Ada yang mesti Anda perhatikan pada pergantian oli mobil. Memang menurut teori, oli mobil akan diganti setelah memiliki jarak tempuh 5000 km sampai 10000 km. Tetapi hal itu ternyata dengan catatan apabila mobil digunakan untuk menempuh jalanan yang biasa. Apabila mobil Anda sering digunakan untuk melintasi medan yang berat, alangkah baiknya, ganti oli mobil dilakukan sebelum jarak tempuh maksimal habis. Bukahkah tadi Anda juga sudah tahu beberapa tanda oli wajib diganti? Jadi, tak ada salahnya Anda mengganti oli mobil tidak sesuai jadwal apabila tanda tanda kualitas oli kurang baik sudah ada pada mobil kesayangan.

Sebagai tambahannya, kartu ganti oli memang dapat dijadikan tolak ukur dan di kartu tersebut pastinya akan tertera bahwa pergantian oli mobil dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali atau setiap mobil sudah melewati jarak tempuh maksimal yang ditentukan. Yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana jika jarak tempuh belum mencapai batas tetapi waktunya sudah sampai batas? Agar mobil tetap menunjukkan performa yang bagus dan tidak mengalami kerusakan, sebaiknya pemilik mobil tetaplah mengganti oli. Tidak ada salahnya juga jika Anda melakukan pergantian jika jarak tempuh mobil masih di bawah 5000 km atau 10000 km karena kualitas oli pastinya akan menurun saat mobil sudah menempuh jarak antara 4000 km sampai 6000 km.

Dimana Ganti Oli yang Bagus?

Setiap orang memang memiliki tempat terpercaya untuk ganti oli mobilnya. Namun, jika Anda belum menemukannya, Anda bisa mencoba ganti oli mobil di montir.id. Montir.id adalah tempat ganti oli mobil yang terpercaya dan sudah dibuktikan oleh banyak masyarakat. Tempat ini memberikan banyak kemudahan, dimana Anda tak perlu langsung datang ke bengkel tetapi mekaniknya yang akan datang ke tempat Anda. Layanan lainnya yaitu, ada garansi 3 bulan dan free servis. Anda pun sudah bisa mengetahui harganya karena sebelum Anda menggunakan jasa montir.id. , Anda akan memilih sendiri oli yang akan digunakan pada mobil kesayangan Anda. Mau tahu seperti apa layanannya? Tak ada salahnya Anda untuk mencoba ganti oli di montir.id mulai sekarang.